Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Jumat 1 April 2022

  • by

Pergerakan serta nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, Kamis 31 Maret 2022

Nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah pada penutupan perdagangan akhir bulan ini, Kamis (31/3/2022). Rupiah melemah 0,13 persen.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 15.20 WIB, nilai tukar rupiah parkir di angka Rp14.363 melemah 19 poin atau 0,13 persen. Sepanjang hari, rupiah bergerak pada rentang Rp14.336–Rp14.369.

Sepanjang tahun berjalan, rupiah melemah 0,7 persen terhadap dolar AS. Adapun, indeks dollar AS pada pukul 15.22 WIB bergerak menguat 0,2 persen atau 1,95 poin ke level 98,078.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menuturkan dolar menguat terdapa mata uang lainnya pada Kamis (31/3/2022), karena adanya harapan bahwa perang di Ukraina dapat memasuki fase penurunan eskalasi baru, walaupun skeptimisme dari Ukraina sebagai taktik untuk mempersiapkan serangan baru.

“Ada sedikit terobosan dalam pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia yang dimulai awal pekan ini Negosiator Ukraina dan Rusia bertemu di Turki untuk diskusi tatap muka pertama dalam hampir tiga minggu,” urainya dalam keterangan resmi, Kamis (31/3/2022).

Negosiator Rusia mengatakan pembicaraan itu konstruktif. Rusia berjanji untuk mengurangi operasi militernya di sekitar Kyiv dan Ukraina Utara; Ukraina mengusulkan adopsi status netral tetapi dengan jaminan internasional itu akan dilindungi dari serangan.

Namun, janji itu disambut dengan skeptisisme dari Ukraina dan sekutu Barat, yang melihatnya sebagai taktik untuk memotong kerugian dan mempersiapkan serangan lainnya.

Pasukan Ukraina sedang mempersiapkan serangan baru Rusia di timur negara itu saat Moskow membangun pasukannya di sana setelah mengalami kemunduran di dekat ibu kota Kyiv, kata Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, Kamis.

Sumber Bisnis.com