Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Jumat 11 Maret 2022

  • by

Mengulas perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, 11 Maret 2022, di tengah buntunya negosiasi perang Rusia vs Ukraina.

Mata uang rupiah hari ini berpotensi mengalami pelemahan Rp14.320 per dolar AS.

Pengamat Pasar Uang Ariston Tjendra menuturkan, potensi terjadinya penurunan eskalasi ketegangan di Ukraina ini memberikan sentimen positif terhadap aset berisiko pasar keuangan hari ini.

“Dengan membaiknya sentimen pasar terhadap aset berisiko ini, Indonesia sebagai produsen dan pengekspor komoditas menjadi yang diuntungkan dengan kenaikan harga-harga komoditi,” ucap Ariston, dihubungi Kamis (10/3/2022).

Dengan demikian, rupiah pun ikut menguat terhadap dolar AS. Selain itu, lanjut Ariston, dari dalam negeri, kebijakan persiapan menuju endemi juga membantu penguatan rupiah. Kebijakan pelonggaran aktivitas ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri

Menurut Ariston, pergerakan rupiah terhadap dollar AS pada esok hari masih dibayangi oleh isu konflik Rusia dan Ukraina. Hasil negosiasi yang sedang berlangsung di Turki bisa menjadi katalis untuk perdagangan Rupiah besok.

“Bila tidak ada titik temu, sentimen negatif bisa kembali ke aset berisiko dan rupiah bisa melemah kembali, dan sebaliknya,” tuturnya.

Ariston memperkirakan potensi penguatan rupiah hari ini bisa ke arah Rp14.220 per dolar AS. Sementara itu, potensi pelemahan ke kisaran Rp14.320 per dolar AS.

Sebelumnya, berdasarkan data Bloomberg pukul 15.08 WIB, rupiah ditutup naik 0,46 persen ke level Rp14.276 per dolar AS.

Rupiah tercatat menguat bersama mata uang Asia lainnya, yakni won Korea Selatan 0,48 persen, peso Filipina 0,12 persen dan rupee India 0,32 persen.

Sementara itu, indeks dolar AS menguat 0,09 persen atau 0,09 poin ke 98,05.

Sebelumnya, kabar datang dari Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba, yang dijadwalkan untuk berhadap-hadapan dalam pertemuan yang dimediasi Turki, Kamis (10/3/2022) waktu setempat.

Sumber Bisnis.com