Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Rabu 2 Maret 2022

  • by

Mengulas perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, 2 Maret 2022, di tengah buntunya negosiasi perang Rusia vs Ukraina.

Mengulas perkembangan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hari ini, 2 Maret 2022, di tengah buntunya negosiasi perang Rusia vs Ukraina.

Berdasarkan data Bloomberg, nilai tukar rupiah ditutup menguat 0,32 persen atau 46,5 poin hingga parkir ke posisi Rp14.335 per dolar AS. Sementara indeks dolar AS pada pukul 06.05 WIB (2/3) terpantau naik 0,69 persen atau 0,67 poin ke level 97,37.

“Sentimen pasar masih berubah tiap hari. Hari ini sentimen pasar risk on menyusul kenaikan pada bursa di Wall Street maupun Asia dengan optimisme ekonomi global tidak akan terlalu terdampak oleh sanksi” kata analis DCFX Futures Lukman Leong dikutip dari Antara.

Selain itu, Lukman melihat kenaikan harga komoditas juga membantu rupiah dan mata uang komoditas seperti dolar Australia dan Kanada. “Secara USD sendiri sedikit melemah hari ini,” ujar Lukman.

Sebelumnya, Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan terdapat beberapa sentimen positif untuk pasar Indonesia antara lain dengan kenaikan harga beberapa komoditas seperti minyak naik 3,04 persen, emas naik 0,34 persen, batu bara naik 1,29 persen, CPO melambung 8,15 persen, dan nikel naik 1,29 persen.

“Jika dikombinasikan dengan turunnya yield obligasi berpotensi menjadi sentimen positif untuk Bursa Indonesia yang diperkirakan melanjutkan penguatannya dihari Selasa ini,” ujar Edwin dalam riset harian, Selasa (1/3/2022).

Sumber Bisnis.com