Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, Selasa 15 Desember 2020

  • by

Kemarin, Senin (14/12), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup terkoreksi 15 poin atau 0,11 persen menjadi Rp14.095 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah masih berpotensi melanjutkan koreksinya pada perdagangan hari ini, Selasa (15/12/2020).

Kemarin, Senin (14/12), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS ditutup terkoreksi 15 poin atau 0,11 persen menjadi Rp14.095 per dolar AS.

Kurs rupiah juga melemah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate atau Jisdor. Data Bank Indonesia menunjukkan, kurs Jisdor dipantau di level Rp14.158, melemah 56 poin dibandingkan dengan posisi perdagangan terakhir pada Jumat pekan lalu.

Ekonom CORE Yusuf Rendy Manilet mengatakan, pergerakan rupiah hari ini salah satunya dipengaruhi oleh isu pengadaan vaksin virus corona.

Dari luar negeri, beberapa negara telah melakukan tahap penyuntikan vaksin seperti Inggris, China dan juga Amerika Serikat. Sementara itu, dari dalam negeri,  Indonesia telah menyiapkan penyediaan vaksin untuk masyarakatnya.

Sementara itu, negosiasi Inggris dan Uni Eropa terkait perjanjian perpisahan kedua pihak juga ikut mempengaruhi pelemahan nilai rupiah. Yusuf memprediksi, sentimen ini akan berdampak cukup besar terhadap pergerakan nilai rupiah pada pekan ini.

Sementara, saat ini tidak terlalu banyak sentimen positif dari dalam negeri yang mempengaruhi pergerakan rupiah.

“Hal tersebut kemudian yang berdampak pada konsolidasi rupiah pada hari ini,”katanya saat dihubungi pada Senin (14/12/2020).

Yusuf memprediksi, nilai rupiah berpotensi kembali terkoreksi pada Selasa besok. Hal ini terjadi seiring dengan minimnya sentimen dari dalam negeri dan konsolidasi pasar keuangan dari luar negeri.

“Kemungkinan kisaran pergerakan rupiah besok [hari ini] akan berada di level Rp14.050-Rp14.145,” pungkasnya.

Sumber Bisnis.com